Minggu, 16 Januari 2011

Biogas

Arti Biogas

  Biogas adalah gas yang dihasilkan dari proses penguraian bahan-bahan organik oleh mikrooraganisme pada kondisi langka oksigen (anaerob). Komponen Biogas antara lain sebagai berikut : 60% CH4 (metana), 38% CO2, dan 2% gas N2, H2, H2S dan O2. Biogas dapat dibakar seperti LPG dalam sekala besar biogas dapat digunakan sebagai pembangkit energi listrik sehingga dapat dijadikan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan dan terbaharukan. Sumber energi biogas yang utama yaitu kotoran ternak sapi, kerbau, babi dan kuda. 

Gambar:   Sistem Instalasi Biogas

    Jenis bahan organik yang diproses sangat mempengaruhi produktivitas sistem biogas. Bahan yang biasa digunakan antara lain bis, semen, pralon, plastik dan drum. Faktor-faktor lainnya seperti temperatur digester atau ruangan tertutup kedap udara, pH, tekanan udara serta kelembaban udara turut berpengaruh.
   Manfaat Biogas adalah sebagai pengganti bahan bakar khususnya minyak tanah dan dipergunakan utuk memasak kemudian sebagai bahan pengganti bahan bakar minyak (bensin, solar). Biogas dalam skala besar dapat digunakan sebagai pembangkit listrik. Proses produksi biogas akan dihasilkan sisa kotoran ternak yang dapat langsung dipergunakan sebagai pupuk organik pada tanaman/budidaya pertanian. 


 Gambar: Instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Biogas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar